Friday, August 5, 2016

Memasang Stop Loss membantu dalam pengendalian diri anda

Para rekan trader kita semua tentu tahu yg namanya margin call, yaitu keadaan dimana posisi trading kita floating minus besar yg apabila kita tutup maka akan menghabiskan modal kita, sehingga broker memberi warning margin call untuk posisi tersebut.

Nah untuk menghindari kondisi floating minus besar tersebut maka ada satu cara yg sangat efektif yaitu dengan cara memasang stop loss, dengan cara ini maka kita akan terhindar dari posisi trading minus yg terus membesar. Karena posisi akan menutup otomatis pada saat harga berbalik arah dan menembus level yg telah ditetapkan.

Lalu mengapa hal ini akan membantu pengendalian diri kita, hal ini karena akan menghilangkan rasa was-was dimana pada saat kita memutuskan untuk masuk pasar dan membuka posisi tentunya kita telah melakukan analisa harga, dan dari analisa tsb kita seharusnya sudah mengetahui kondisi dimana harga sudah tidak sejalan dengan psoisi kita dan pada level harga itulah kita memasang stoploss. 

Jadi sebelum memutuskan untuk masuk pasar anda harus yakin dengan apa yg anda lakukan, banyak trader yg ragu memasang stoploss karena takut terkena terlebih dahulu sebelum profit, sedangkan trader yg tahu dan yakin dengan apa yg dilakukannya akan berani memasang stoploss karena yakin apabila kondisi pasar yg searah dengan posisinya maka stoploss tidak akan tersentuh.

Kedua kali dengan memasang stoploss akan membuat tugas trader semakin mudah jadi hanya memikirkan exit dari pasar dengan profit, karena exit dengan loss dilakukan oleh stoploss saja. Hal inilah yg membantu anda dalam pengendalian diri saat trading. dengan tidak memasang stop loss akan membuat anda gelisah sepanjang trading terutama saat floating minus anda akan terombang ambing apakah akan menutup posisi atau terus bertahan.

Penulis sendiri selalu meletakkan stoploss di area sekitar garis bolinger band 24 di TF H1, dan hal ini sangat akurat terutama dalam sistem trading coffetrader. 

oke demikianlah artikel singkat ini, keputusan tetap ada ditangan anda apakah akan memasang stoploss atau tidak resiko ada di diri masing masing.






No comments:

Post a Comment