Sunday, March 15, 2015

Apakah pengendalian diri itu?



Selamat pagi para rekan coffetrader yg berbahagia, semoga bahagianya karena transaksi kemarin profit terus ya, amin. Baiklah kali ini kita akan membahas pengendalian diri dimana hal ini merupakan salah satu tema dari blog coffetrader ini. Tetapi tentu saja bukan bahasan seorang pakar namun lebih merupakan sharing informasi saja agar kita lebih mengenal apa itu pengendalian diri.

Pengendalian diri atau dalam bahasa inggris disebut self control sangat penting dalam trading seperti yg sudah kita bahas dalam artikel kita sebelumnya, disini. Musuh terbesar seorang trader bukanlah pergerakan harga yg tidak bisa diprediksi atau bukan juga broker tetapi musuh terbesarnya adalah diri trader sendiri. Kemanapun trader tersebut pergi maka musuh trader tersebut ikut bersamanya. Musuh ini begitu besar sampai ada kata - kata bijak "Siapa yang menguasai diri ibarat mengalahkan sebuah kota".

Pengendalian diri perlu dilatih sejak dini. Tidak ada aspek skill untuk menguasai diri yang turun begitu saja dari langit, melainkan diperoleh dari proses yang panjang dalam pengalaman hidup seorang trader selama menjalankan aktifitas trading dan juga dalam interaksinya dengan orang lain. Tetapi musuh ini bisa menjadi sahabat apabila kita bisa menguasainya dan barulah menjadi lawan apabila kita yg dikuasai.

Pengendalian diri merupakan sikap, tindakan atau perilaku seorang trader secara sadar baik direncanakan atau tidak untuk mematuhi sistem trading yg sudah dibuat.Untuk melakukannya ada beberapa kiat berikut ini:

1. Kita harus memiliki keinginan yg kuat untuk bisa sukses di bisnis forex trading ini
2. Kita harus memiliki kesadaran / pengetahuan yg baik  pada trading sistem kita sendiri
3. Kita harus mengevaluasi kembali baik itu sistem trading ataupun segala yg kita lakukan dalam trading
4. Kita harus menggunakan kesabaran dalam mengendalikan emosi.
5. Kita harus sering belajar baik itu teknik trading dan juga pengembangan mental

Dengan menjalankan kiat kiat diatas kita akan berlatih mengembangkan skill self control ini, memang hal ini tidak mudah dan bisa cepat dilakukan. Tetapi kembali lagi seberapa kuat keinginan sukses anda apakah bisa mengalahkan rintangan tersebut. semoga anda termasuk yg sukses itu.

oke demikian dulu pembahasan coffetrader kali ini, semoga bermanfaat dan salam profit

No comments:

Post a Comment